Cara Membuat Akta Kelahiran Online Bagi Warga Kota Bandung

 


Seorang anak yang baru dilahirkan hendaknya langsung dibuatkan akta kelahirannya karena merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh warga negara Indonesia.

Menurut data kementerian dalam negeri (Kemendagri) pada Desember 2020 sekitar 5 juta anak Indonesia belum memiliki akta kelahiran.

Cara membuat akta kelahiran online bagi warga kota Bandung
Bagi warga kota Bandung yang ingin membuat akta kelahiran bagi anaknya kini bisa dengan mudah mengajukan pembuatan akta kelahiran.

Bahkan kabar baiknya cara membuatnya pun bisa dilakukan di rumah melalui HP. Dinas kependudukan dan catatan sipil kota Bandung (Disdukcapil) telah merilis aplikasi Salaman yang bisa memudahkan proses pembuatan dokumen kependudukan termasuk akta kelahiran.

Berikut ini cara membuat akta kelahiran online bagi warga bandung melalui aplikasi Salaman.

1. Ketik aplikasi "SALAMAN Kota Bandung" di Playstore Android
2. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti Kartu Keluarga terbarunya yang sudah masuk nama anak, KTP kedua orang tua, surat keterangan kelahiran dari Rumah Sakit atau bidan.
3. Unggah berkas di aplikasi Salaman kota Bandung pada fitur permohonan akta kelahiran
4. Tunggu verifikasi berkas oleh petugas
5. Cek hasil dokumen di email
6. Dokumen akta kelahiran akan dikirim dalam format PDF
7. Print dan simpan akta kelahiran di tempat yang mudah di ingat.

Untuk sementara aplikasi SALAMAN Kota Bandung hanya tersedia di Android. Semua layanan dan pembuatan akta kelahiran online dari Disdukcapil ini gratis.

Post a Comment

0 Comments