3 Komunitas Kopi di Bandung


Ada cerita dibalik secangkir kopi. Ada obrolan juga yang menghangatkan suasana dan mempertemukan orang dengan latarbelakang yang berbeda. Itulah hebatnya kopi yang bisa membentuk sebuah komunitas. Sebagai kota yang banyak dikeliling oleh kebun kopi, Bandung melahirkan banyak komunitas kopi yang terus aktif membuat kegiatan. Mulai dari ngopi bareng, menyeduh kopi bersama bahkan ada yang sampai mengadakan kompetisi Kopi. Berikut ini 3 Komunitas Kopi di Bandung.

Manual Brew Community (MBC)

Adalah komunitas kopi di Bandung yang menjadikan metode seduh manual sebagai pilihan dalam menyeduh. Alat alat seduh seperti vietnam drip, french press, V60, Aero Press, KONO dan Kalita Wave sudah akrab dalam komunitas ini. Kegiatan bulananan adalah berkumpul dari satu kedai kopi ke kedai kopi lainnya. Saat berkumpul sering digunakan untuk berbagi info soal kopi dan cara menyeduh kopi dengan pilihan alat yang dipilih.

Manual Brew Community juga setiap tahunnya selalu menggelar Manual Brew Competition yaitu kompetisi menyeduh kopi secara manual. Tahun 2016 kemarin acaranya digelar di Noah Barns yang diikuti oleh 200 peserta lebih baik dari Bandung dan luar kota.

Barista Community Bandung (BCB)
Para barista kopi di Bandung sudah sejak lama membuat komunitas dengan nama Barista Community Bandung. Berdirinya BCB bisa dibilang sudah cukup lama, kegiatannya selain berkumpul juga berbagi informasi seputar dunia kebaristaan dan peluang kerja baik barista lama dan juga baru.

Profesi barista di Indonesia belum lama juga meresmikan Barista Guild yaitu keorganisasian barista yang cabangnya ada diseluruh dunia termasuk Indonesia. BCB terbuka menerima keanggotaan baru, tempat kumpul rutin biasanya di kedai kopi dari teman teman BCB sendiri. Komunitas kopi di Bandung ini sudah mengeluarkan marchandisenya sendiri seperti kaos, topi dan PIN yang menjadi ciri khas dari BCB.

Bandungngopi
Menamakan diri sebagai komunitas peminum kopi rumahan yang mulai terbentuk dari akun Instagram @bandungngopi kegiatan dari komunitas ini adalah udunan atau mengumpulkan uang bersama untuk membeli green bean baik dari dalam dan luar negeri kemudian diroasting sendiri dan dibagi-bagikan pada saat kopi darat. Selain itu kadang juga komunitas ini sering membeli alat seduh manual bersama saat sedang ada promo pembeliaan alat kopi.

Tempat kopi darat dipilih dari kedai kopi yang siap menyediakan tempat bagi mereka. Pada saat kopdar sering digunakan untuk menggelar acara Fun Brewing yang hadiahnya bisa bermacam macam. Seperti roast bean dan alat kopi lainnya.

Komunitas kopi di Bandung tentu lebih banyak lagi baik yang skalanya besar atau kecil dikalangan teman teman terdekat. Ulasan sederhana ini semoga bisa memberi referensi baru 3 Komunitas Kopi di Bandung bagi yang sedang mencari komunitas kopi di Indonesia. Sebagai peminum kopi atau orang yang baru berkenalan dengan dunia kopi, komunitas mana yang paling menarik untuk kamu ikuti?hmdn

Post a Comment

2 Comments

idedesignku said…
Kami F&B Distributor for Bandung & Jawa Barat
menyediakan illy Coffee , mesin coffee La Cimbali,
Teisseir, Sagami ,Twinnings Tea,.Ronnefeldt Tea,Red Bull
SUP is your HORECA Solutions
Info: 08112194088/(022)86060770
Unknown said…
pingin gabung ke salah satu komunitasnyaaa gimana caranya yaa