Apa Itu Google News Lab?


Sudah sejak lama Universitas Harvard di Amerika Serikat punya institusi jurnalistik dengan nama Nieman Journalism Lab yang didirikan oleh Walter Lippmann. Kemudian ada lagi Columbia Journalism Review (CJR) milik Universitas Columbia dan lembaga non profit, The Polyenter yang sama juga bergerak dalam kajian media. Google sebagai raksasa mesin pencarian belum lama mengenalkan sayap usaha barunya yaitu Google News Lab, apa itu Google News Lab? 

Google News Lab adalah produk baru dari Google yang memberikan pendidikan kepada para jurnalis di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas jurnalisme. Selain itu juga lewat produk-produknya Google mendorong media dan para jurnalis untuk menggunakan teknologi dalam mempermudah proses peliputan.

Di tahun 2018 Google News Lab bekerjsama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI)mengadakan "Google News Lab Training" di tujuh kota yaitu Jakarta, Lampung, Denpasar, Bandung, Semarang, Medan dan Makassar juga pelatihan setengah hari "Hoax Busting and Digital Hygiene" yang terbuka untuk masyarakat umum.

Menjelang Pilkada serentak, berita hoax, missinformasi dan disinformasi memang rawan terjadi. Untuk melawan itu semua memang diperlukan verifikasi data bisa itu dengan mengecek sumbernya langsung atau menggunakan tool tool yang dimiliki Google seperti Google Images, Google Maps, dan Google Street View.

Dengan adanya Google News Lab semoga bisa membantu dalam memberantas berita hoax. Jangan mudah percaya pada berita yang meragukan, biasakan untuk mengecek sumber lain tentang kebenaran berita itu. Apa itu Google News Lab semoga bisa membantu dalam memperluas jendela pengetahuan Anda.

Post a Comment

0 Comments