Cara Membetulkan Grinder LATINA N600

Gilingin kopi atau biasa disebut grinder adalah alat yang penting dalam hal membuat secangkir kopi yang enak. Dengan adanya grinder tingkat kehalusan kopi bisa diatur sedemikian rupa mulai dari halus, sedang sampai dengan tingkat gilingan kopi yang kasar. Pada umumnya kedai-kedai kopi yang baru sering menggunakan grinder merek LATINA, Baratza atau merek grinder lain. Lalu, apa jadinya kalau grinder LATINA N600 rusak? Bagaimana cara membetulkan Grinder LATINA N600 yang rusak. Simak tutorial sederhananya di blog kita.

Ada sedikit cerita pada saat seorang teman sedang membuat secangkir kopi di kedai, dia tiba-tiba saja memanggil. Kemudian dia bilang kalau grinder LATINA nya tidak bisa nyala. Kemudian saya mencoba memencet tombol ON yang ada dibagian belakang grinder. Benar saja, grindernya tidak mengeluarkan suara. Saya awalnya mengira kalau kerusakan grinder karena sudah lama tidak dibersihkan bagian dalamnya.

Langkah awal untuk menanganinya saya coba keluarkan sisa-sisa biji kopi yang ada didalam grinder lalu membersihkan grindernya dengan kuas. Saat ini dicoba lagi langkah ini tidak membuahan hasil apa-apa. Kemudian saya berpikir bagaimana cara membetulkan grinder LATINA N600 dengan mencari-cari video di Youtube. Akhirnya saya mulai menemukan bagian mana yang harus dibetulkan.

Grinder LATINA N600 yang tidak berfungsi saat ditekan tombol ON titik masalahnya ada di listik statis yang rusak penyebabnya karena jarang dibersihkan selesai pakai atau karena karet yang ada dibagian bawah sering tertutup orang tempat penampung hasil gilingan kopi. Penyebab lainnya bisa karena menggiling biji kopi yang umurnya sudah terlalu lama biasanya akan cenderung keras dan susah dihaluskan.

Cara membetulkan grinder LATINA N600 yang rusak pada bagian listrik statisnya bisa dengan  mengganti tabung kecilnya dengan yang baru. Letak tabung kecilnya ada pada tombol "FUEL" berwarna hitam. Putar lebih dulu tombolnya lalu lepaskan. Langkah selanjutnya ambil tabung listrik yang baru, LATINA N600 memberikan cadangan tabung 4 buah yang posisinya diletakan dibagian paling bawah grinder. Keluarkan tabung yang baru dari bagian bawah kemudian masukan kedalam tombol FUEL lalu putarkan dan kencangkan seperti semula.

Setelah selesai mengganti tabung kecil tadi, saatnya untuk mencoba apakah grinder bisa berfungsi kembali. Colok kabel grinder kelubang terminal listrik yang tersedia lalu tekan tombol ON, kalau terdengar suara maka Grinder LATINA N600 Anda sudah berfungsi kembali. Coba juga untuk menggiling beberapa gram biji kopi atau roast bean untuk memastikan hasil gilingannya. Selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca ulasan cara membetulkan grinder LATINA N600.

Post a Comment

0 Comments