Apa Itu Ekstraksi Kopi? Anak Kopi Wajib Tau

 


Kalau kamu biasa menyeduh kopi di rumah menggunakan alat V60 tentu pernah mendengar istilah ekstraksi kopi. Secara sederhana ekstraksi adalah proses mengeluarkan rasa, aroma, dan zat-zat lain pada saat kopi bertemu dengan air. 

Target dari sebuah ekstrasi adalah mengeluarkan semua potensi rasa yang ada di kopi sehingga ekstrasi yang ideal akan memberikan rasa kopi yang seimbang atau balance. 

Kalau kamu hanya mengektrasi sedikit dari bubuk kopi yang ada maka yang terjadi adalah under extraction dan kalau kamu mengektrasi kopi terlalu banyak sehingga rasa pahit di kopi terasa jelas diimbangi rasa yang kurang nyaman maka yang terjadi over extraction

Menguji hasil ekstrasi kopi

Untuk tahu apakah sebuah proses ekstrasi berhasil atau tidak maka caranya adalah dengan mencobanya. Kopi yang under extraction rasa yang dominan muncul seperti rasa asam, kesat seperti getah atau rasa seperti sayur-sayuran mentah 

Untuk kopi yang over extractionnya biasanya akan terasa pahit, rasa manis dari kopi tidak keluar bahkan saat habis diminum tidak meninggalkan kesan apa-apa. 

Ekstraksi yang ideal akan mengeluarkan rasa manis, asam, pahit dari kopi secara seimbang sehingga tercipta harmoni dalam secangkir kopi.

Post a Comment

0 Comments