Lomba Menulis Esai ''Indonesia Mitra Sejati'' dari The Habibie Center


Lomba Menulis Esai ''Indonesia Mitra Sejati'' dari The Habibie Center 

The Habibie Center menyelenggarakan lomba menulis esai bertema "Indonesia #MitraSejati" bagi mahasiswa-mahasiswi di Indonesia. Kiprah Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia dan berkontribusi bagi pembangunan global, merupakan sebuah prestasi yang patut kita akui bersama.

Tuliskan pendapatmu tentang Indonesia sebagai #mitrasejati perdamaian dunia atau #mitrasejati pembangunan dunia!

Indonesia sebagai #mitrasejati perdamaian dunia telah ikut menjaga perdamaian melalui misi perdamaian PBB sejak tahun 1957. Indonesia juga memberikan bantuan kemanusiaan melalui pembangunan sekolah dan rumah sakit di wilayah-wilayah rentan di berbagai negara. Ada rekam jejak kita di berbagai peristiwa penting dunia: terbentuknya Gerakan Non-Blok, berdirinya ASEAN, dan berperan aktif dalam pembentukan hukum internasional seperti UNCLOS. Tidak dapat dipungkiri, aktifnya Indonesia merupakan upaya menjalankan politik luar negeri bebas aktif demi memenuhi amanat UUD ’45 untuk “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Pembangunan global juga menjadi salah satu perhatian utama Indonesia sebagai #mitrasejati pembangunan dunia. Kita hadir di berbagai forum yang berusaha mewujudkan kemakmuran bersama di dunia. Tidak dapat dipungkiri, banyak pekerjaan bersama bagi Indonesia dan negara-negara lain dalam isu pembangunan: ketimpangan yang menajam di dunia hingga perubahan iklim yang drastis.




Post a Comment

0 Comments