8 Website Yang Memberikan Honor Kepada Para Penulisnya


Seseorang menulis sesuatu dengan berbagai macam alasan. Ada yang mencurahkan isi hatinya, ada yang ingin berbagi cerita, ada yang ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang dan ada juga yang ingin mendapatkan honor dari tulisannya. Untuk bisa mendapatkan honor dari menulis, kita tentu harus tahu caranya. Di Indonesia sendiri ada banyak webstie yang memberikan honor kepada para penulisnya. Jumlah nominalnya bermacam-macam dengan medianya sendiri, kalau kamu seorang penulis sejati berikut 8 Website Yang Memberikan Honor Kepada Para Penulisnya.

Kompasiana
Menjamurkan sosial media baru bukan berarti mematikan aktivitas blogging hal itu terbukti dengan masih adanya website blogging bersama Kompasiana, penulis punya punya blog bisa langsung menuliskan pikirannya. Lewat kompasiana seseorang lebih akan menjual kemampuannya dalam menulis. Bisa juga menjadi penulis konten.

TIRTO
Adalah website berita yang berdasarkan data dan analasis. Belum lama berdiri dengan merekret beberapa orang yang sudah cukup punya nama seperti Dea Anugrah, Arman Dhani, Sabda Armandio, Fahri Salam, dll. Tirto menjadi menarik karena menyajikan data dan infografis diprediksi akan menjadi menjadi online yang terus berkembang. Bagi yang ingin mengirimkan tulisannya bisa melalui email redaksi@tirto.id


Voxpop
Ditutupnya website Mojok.co bukanlah sebuah berita yang menyedihkan. Bagi para pembaca yang ingin terhibur dengan tulisan tulisan cerdas. Website yang satu ini bisa dicoba, tulisan yang dimuat akan mendapatkan honor yang menjanjikan juga proses pencairannya terbilang cepat.

Inspirasi.co
Ide awalnya datang dari Denny JA bersama dengan Fahd Padepi penulis yang pernah dikenal dikenal sebagai Fahd Djibran. Pada awalnya ingin menjadi sebuah perpustakaan digital yang bisa mengakses berbagai macam ebook. Inspirasi.co menjadi ruang bersama orang-orang dalam menuliskan pikirannya.Untuk anggota yang daftar akan mendapatkan honor dihitung dari banyaknya viewer tulisan. Karya tidak hanya dalam bentuk tulisan, tapi bisa juga desain atau video.

Pocer 
Pocer kepanjangan dari Pojok Cerpen memberikan ruang kepada penulis yang tertarik pada kajian literasi. Menerima kiriman resensi buku dan liputan acara. Selain sebagai sebuah website Pocer juga menjual buku secara honor. Adapun honor yang diberikan adalah Rp 100.000 ditambah dengan hadiah buku yang akan dikirimkan langsung ke rumah.

Basabasi.co 
Basabasi merupakan sebuah website yang menerima berbagai macam tulisan dari refleksi, cerpen dan puisi. Berada dibawah naungan penerbit Diva Press, tulisan yang dimuat akan mendapatkan sejumlah honor mulai dari Rp 100.000 - Rp 300.000 per tulisannya. Untuk mengasah kemampuan menulis sewaktu-waktu website ini suka mengadakan lomba dibidang tulis menulis contohnya Lomba Menulis Cerpen.

Babe
Babe adalah sebuah situs baca berita. Berita-berita yang ditampilkan diambil dari media media nasional seperti KOMPAS, TEMPO, Tribun, Pikiran Rakyat, dll. Bagi pengguna yang sudah mendaftar punya kesempatan untuk mendapatkan berita dengan mengirimkan berita yang segar, unik dan beda. Sistem honor yang diterakpkan ditentukan dari seberapa banyak jumlah view tulisan kita.

Nulis.co.id
Website yang menyajikan berbagai macam berita. Penulis yang beritanya dimuat akan mendapatkan honor Rp 15.000 setiap beritanya

Itulah 8 Website Yang Memberikan Honor Kepada Para Penulisnya. Dari semuanya itu, kira-kira website mana yang paling menarik perhatianmu?

Post a Comment

2 Comments

Rahman Kamal said…
hmb, infonya bermanfaat. pengen dicoba satu persatu.. :D
koran Sunda said…
Gan mau tanya saya kan punya website portal berita lokal, nah saya ingin membuka fitur kontributor kira-kira menentukan honor untuk pembayar kontributor tersebut bagaimana.?