4 Sekolah Barista di Bandung


Kopi dan dunia kebaristaan merupakan sesuatu bidang yang bisa dipelajari oleh siapa pun. Barista sendiri adalah orang yang ada dibalik bar, enak atau tidaknya secangkir kopi ditentukan oleh peran lihai seorang barista. Barista juga yang bisa membuat kopi menjadi berbagai macam bentuk atau disebut latte art. Kalau kamu punya mimpi untuk menjadi seorang barista yang handal berikut rekomendasi 4 sekolah barista di Bandung.

Morning Glory
Sebuah coffee shop yang sudah lama berdiri sejak tahun 2008. Diluar coffee shop, pemiliknya sendiri kerap membuat kelas basic espresso atau tentang dunia kebaristaan. Bagi yang sudah lulus kerap bisa punya kesempatan magang atau bekerja di Morning Glorynya sendiri. Pelatihan biasanya dibuka selama beberapa minggu atau dalam seminggu ada  beberapa pertemuan. Lokasi morning glory ada di Setrasari Mall Blok C2 No.31. pelatihannya kerap didatangkan langsung dari Italia.

Jack Runner
Dikenal oleh banyak orang sebagai sebuah roastery. Lokasinya ada di daerah Ciumbuleuit kerap membuka kelas bagi yang ingin belajar tentang dunia kebaristaan mulai dari dasar sampai dengan tingkat lanjut. Informasi kelas yang dibuka bisa dilihat langsung di depan pintu masuk lewat spanduk yang terpasang. Setiap kelasnya para peserta yang mengikuti akan diberikan sertifikat yang kelas bisa berguna di kemudian hari. 


5758 Coffee Lab
Adalah sebuah tempat belajar bersama tentang kopi dan teh. Didirikan oleh Adi W. Taroepratdjeka seorang Q Grader yang pernah juga menjadi pembawa acara Coffee Story di KOMPAS TV. Lokasinya ada di perumahan Pondok Hijau, kelas yang ditawarkannya bermacam-macam mulai dari espresso, manual brew, lattee art sampai dengan kelas Q dan R grader ada juga disini. Pengajarnya didatangkan dari praktisi kopi yang ada di sekitaran Bandung.

Dewaji Coffee
Sebuah sekolah kopi yang baru saja didirikan lokasinya ada di Ujung Berung, Bandung Timur. Kelas dibuka selama satu hari penuh tergantung dari permintaan yang ingin belajar. Salah satu perbedaan yang ditawarkan harga yang ditawarkan di sini untuk setiap kelas terbilang cukup murah. Disamping itu pemiliknya dan tim yang bekerja kerap memberikan penyeluhan tentang proses pasca paneh kepada para petani setempat.

Itulah rekomendasi dari kita 4 sekolah barista di Bandung. Diluar itu semua masih banyak kedai kopi yang membuka kelas di waktu-waktu tertentu ada yang memberikannya secara cuma-cuma dan ada yang berbayar. Hal terpenting dari sebuah pembelajaran di dunia kopi adalah kemauan untuk saling berbagi. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam seruput!hmdn

Post a Comment

3 Comments

michele wijaya said…
Halo Bossku ^^
Segera Daftarkan ID di ibu21,com
Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
Serta Tersedia Promo Menarik
Bonus Turn Over Terbesar
Bonus Refferal Seumur Hidup
Minimal Deposit Hanya 25Rb
BBM : csibuqq
WA : +855 88 780 6060
Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^
Sumarna Id said…
How much for 1 session to study in morning glory ?
Hi thx sudah mencantumkan roastery Kami sebagai tempat kursus barista yang rekomended di bandung.